Sederhana Tapi Penuh Makna: Pelepasan Kelas XII SMA N 1 PEGANDON




Pegandon - Sederhana tapi penuh makna begitulah kalimat yang menggambarkan betapa berkesannya acara pelepasan kelas 12 dari SMA N 1 Pegandon. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin, 8 Mei 2023 di lapangan SMA N 1 Pegandon. Acara perpisahan ini diikuti oleh seluruh guru, staff sekolah, seluruh siswa-siswi kelas XII dan ketua komite SMA N 1 Pegandon. 

Pada pelepasan kelas XII ini, para siswa memakai batik khas SMA Negeri 1 Pegandon. Ada makna khusus dibalik pemilihan seragam batik dalam acara ini. "Pada prinsipnya batik menjadi budaya Nusantara. Dengan batik yang sama, mudah-mudahan kesamaan menjadi siswa masih menjadi bagian dalam diri siswa," ucap Pak Nurhadi, kepala SMA Negeri 1 Pegandon.

Acara pelepasan ini dibuka dengan sambutan dan amanat dari Bapak Nurhadi, S. Pd. selaku kepala sekolah SMA N 1 Pegandon. Beliau mengungkapkan betapa bangganya beliau atas kelulusan 281 siswa di tahun ajaran 2022/2023. Tak lupa, beliau juga mengingatkan agar siswa-siswa tidak mencoreng nama baik sekolah ataupun melakukan hal-hal yang akan disesali di kemudian hari.

"Hikmah mata pelajaran yang telah kalian pelajari itu, terapkanlah dalam kehidupan di masyarakat agar berguna untuk melanjutkan perguruan tinggi maupun kerja," tutur Bapak Nurhadi, S. Pd. pada amanatnya. Beliau juga berpesan bahwa seragam OSIS yang telah dikumpulkan agar tidak diambil kembali dan disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini dilakukan selain untuk menghindari siswa menyalahgunakan seragam juga mengajarkan siswa untuk berbagi kepada yang membutuhkan.

    



Setelah kepala sekolah memberikan amanat, acara dilanjutkan dengan penyerahan siswa-siswi kelas XII kepada ketua komite. Secara simbolis dua pasang siswa dilepas bet sekolah oleh kepala sekolah sebagai tanda berakhirnya masa siswa di SMA Negeri 1 Pegandon. Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua komite, Pak Anton Naufan. Beliau berpesan agar siswa-siswi kelas XII yang telah lulus untuk berterima kasih kepada semua guru dan staf sekolah karena telah membimbing dan memberikan pelajaran yang berharga selama tiga tahun ini. 

Setelah sambutan dari ketua komite, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak M. Khoirul Abshor S.Pd.I. Tak lupa perwakilan kelas XII juga memberikan kesan pesannya yang pada kesempatan ini diwakili oleh M. Yosi Maulana H.S. selaku ketua MPK periode 2021/2022. Mewakili teman-temannya Yosi berterima kasih kepada para guru dan seluruh staf sekolah, tak lupa Ia juga mendoakan agar teman-temannya dapat menggapai cita-cita. "Siapapun bisa menjadi apapun," ucapnya memberikan semangat.




Untuk mengakhiri acara di lapangan, diadakan pula halal bihalal untuk siswa-siswi kelas XII serta para guru dan karyawan. Dengan diiringi sholawat, suasana menjadi penuh haru karena ini adalah acara terakhir di sekolah bagi siswa kelas XII yang telah lulus. Usai acara tersebut, kelas XII kembali ke kelas masing-masing untuk menerima Surat Keterangan Lulus dari wali kelas. Wali kelas juga akan mendata rencana siswa setelah lulus SMA, apakah akan kerja atau meneruskan studinya. 

Acara ini diharapkan dapat mengeratkan silaturahmi dan memotivasi kelas XII untuk masa depan yang cemerlang. Sekaligus ungkapan terima kasih yang tulus kepada satu sama lain dapat tersampaikan di acara pelepasan kelas XII ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama