SAMBUT ADIK BARU, INI DIA KESERUAN MPLS HARI PERTAMA DI SMA N 1 PEGANDON

 


Pegandon - Lingkungan sekolah dipenuhi semangat dan kegembiraan saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai dengan upacara pembukaan yang spektakuler di SMA N 1 Pegandon. Upacara tahun ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan inspirasi bagi siswa baru untuk memulai perjalanan pendidikan mereka dengan semangat yang tinggi. Upacara pembukaan MPLS di SMA N 1 Pegandon telah menunjukkan pentingnya memberikan penyambutan yang meriah dan inspiratif bagi siswa baru. Melalui acara ini, siswa baru merasa diterima, didukung, dan termotivasi untuk menghadapi tantangan yang ada di hadapan mereka. 

Dalam amanat upacara sekaligus pembukaan MPLS, Bapak Nurhadi, S.Pd. selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Pegandon memberi semangat kepada seluruh siswa terutama kepada peserta didik baru yang akan menempuh pendidikan di SMA tercinta. Pak Nurhadi berpesan bahwa beliau ingin siswa siswi baru senantiasa aktif dan selalu mengambil kesempatan yang ada. Di selang amanat, beliau memperkenalkan para pengajar di SMA Negeri 1 Pegandon berserta staf kepada pada siswa dan siswi. 

Upacara selesai setelah Pak Nurhadi meninggalkan tempat upacara. Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta yang diwakilkan oleh dua anak siswa dan siswi dari kelas X secara simbolis. Kemudian diikuti oleh seluruh kelas X yang secara serentak memakai tanda peserta. Dengan itu, kegaitan MPLS SMA Negeri 1 Pegandon tahun 2023 resmi dibuka.

Setelah pemakaian tanda peserta secara simbolis, dilanjutkan dengan sambutan Bapak H. Anton sebagai kepala Komite yang mewakili wali murid menyerahkan sejumlah 288 siswa-siswi SMP untuk melanjutkan studi di SMA 1 Pegandon kepada bapak kepala sekolah. Sambutan bapak komite diselangi dengan tepuk pramuka yang membuat suasana semakin meriah. 

Peserta didik baru tentunya perlu mengetahui bagaimana kurikulum yang akan mereka tempuh selama 3 tahun ke depan. Maka usai upacara, siswa-siswi kelas sepuluh ini diarahkan ke lapangan basket untuk sosialisasi kurikulum. Selain sosialisasi kurikulum, tim pembina STP2K yang merupakan pengisi sosialisasi kali ini juga menyampaikan berbagai sarana dan prasarana yang akan diterima di SMA N 1 Pegandon ini. 

Dirasa sosialisasi kurikulum, SARPRAS, dan kesiswaan sudah cukup untuk membekali peserta didik baru, susunan kegiatan selanjutnya adalah pembentukan struktur organisasi kelas. Pembentukan struktur organisasi kelas ini dibimbing oleh koordinator kelas di ruang kelas masing-masing. 

Pada pukul 10.00 adalah waktu istirahat. Ini merupakan momen yang tepat bagi siswa-siswi kelas sepuluh untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Usai istirahat 15 menit, para siswa kelas sepuluh diperkenalkan dengan berbagai program kerja menarik dari pengurus OSIS dan ekstrakurikuler pramuka. Dalam sosialisasi ini tampak antusias dan rasa penasaran untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan-kegiatan yang akan mereka laksanakan. Sosialisasi juga diselingi game sederhana seperti "Pak Bos berkata" untuk menghidupkan suasana yang menyenangkan. 

Sosialiasi program kerja dari pengurus OSIS dan ekstrakurikuler pramuka berlangsung hingga pukul 12.00 yang merupakan waktu istirahat kedua dan ibadah salat dhuhur. Selepas istirahat kedua dan ibadah salat dhuhur, koordinator kelas dan panitia mengkoordinir para siswa kelas sepuluh untuk eksplorasi kreasi dan seni. Dari eksplorasi kreasi dan seni ini diharapkan para siswa kelas sepuluh dapat menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk pentas seni yang akan ditampilkan pada hari ketiga MPLS.

Hari pertama MPLS yang menyenangkan serta memberikan berbagai pengetahuan maupun pengalaman ini tentunya akan sangat berkesan terutama bagi para peserta didik baru. Semoga semangat MPLS ini akan terus menyala dalam setiap langkah siswa baru menuju masa depan yang gemilang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama